Selamat Datang Di Situs Resmi Kami Terima Kasih Atas Kunjungannya Setiap Langkah Harus Dengan Arti, Setiap Langkah Harus Dengan Pikiran, Sebelum Melakukan Harus Hati-Hati, Kalau Jelas Itu Jelek/Buruk Dijauhi

FESTIVAL PENCAK SILAT 2016 Sul Sel


  • PROFIL SINGKAT PELAKSANA ACARA
Margaluyu Pusat Cikuya merupakan salah satu perguruan silat tradisional tertua dibumi nusantara, pusatnya di Kampung Cikuya, Kec. Cicalengka, Kabupaten Bandung Jawa Barat. Margaluyu Pusat Cikuya Didirikan Oleh Abah S. Anda Dinata pada dekade tahun 1920an, tetapi baru ditahun 1930 Margaluyu Pusat Cikuya dikenal pada kalangan yang sangat terbatas. Margaluyu Pusat Cikuya Terdaftar Ke Dinas Kebudayaan dan Pendidikan Kabupaten Bandung pada tahun 1948. Perguruan ini resmi terdaftar di Persatuan Pencak Silat Indonesia (PPSI) pada tanggal 19 November 1957 dan hingga kini MLP Cikuya terus berkembang keseluruh wilayah di Indonesia. Salah satu tujuan pengajaran dalam perguruan ini adalah menciptakan sejawat yang cerdas emosional dan spritualnya, bermental tangguh dan berjiwa nasionalis, informasi lebih lanjut dapat dilihat di www.margaluyu-pusat.net
  • LATAR BELAKANG KEGIATAN
Seni beladiri silat adalah Asset bangsa yang sangat berharga, keragaman aliran pencak silat yang ada merupakan kekayaan warisan budaya yang harus terus dilestarikan. Dewasa kini, masuknya aliran seni beladiri asing, minimnya sosialisasi perguruan-perguruan pencak silat tradisional yang ada, kurangnya ketertarikan golongan muda mempelajari silat karena "image" kuno serta beragam masalah lain sedikit banyak menggerus kelestarian pencak silat ditanah sendiri. untuk itu kamu selaku Panitia dari Perguruan Margaluyu Pusat Cikuya Wilayah Sulawesi, membuka ajang FESTIVAL PENCAK SILAT guna menambah wawasan Pencak silat agar mampu memberi dukungan bagi lestarinya seni budaya pencak silat, terkhusus ditanah Sulawesi.
  • KONTEN ACARA
Mengacu pada tujuan dan tema kegiatan, maka konten acara dan hal-hal yang berkaitan telah disiapkan guna mencapai hasil yang diharapkan. Festival Pencak Silat ini akan diikuti oleh beragam aliran perguruan pencak silat, baik yang terdaftar di IPSI, PPSI maupun yang bukan dari keduanya dengan penyelenggaraan kegiatan dipusatkan di Kota Makassar.
  1. Longmarch Pencak Silat : Longmarch akan diikuti oleh seluruh peserta festival, ditiap titik yang telah ditentukan, akan diisi atraksi pencak silat dengan iringan musik tradisional, hal ini menjadi pemantik kemeriahan acara dan masyarakat yang menyaksikan dapat turut serta melestarikan longmarch.
  2. Sport Photo Contest (On The Spot) : Memperebutkan total hadiah puluhan juta rupiah, talent-thalent photograper akan hadir menambah semarak dan mengabadikan setiap momen seru pada acara ini.
  3. Festival Pencak Silat : Berbeda dengan turnamen beladiri yang telah lazim disaksikan, ajang festival pencak silat menghadirkan tontonan baru dan segar khususnya bagi warga kota makassar, tiap perguruan secara berurutan tampil dengan koreografi, seni pencak dan kekhasan masing-masing. Atraksi tarung hingga debus akan dan kanuragan yang belum pernah dipertonton akan menjadi suguhan menarik lagi eksotis pada acara ini. Mix musik tradisi dan techno effect yang mengiringin pertunjukan adalah hal baru yang kami siapkan untuk menambah keseruan dan kemetriahan acara.
  4. Deskripsi Acara
Nama Kegiatan : Festival Pencak Silat
Tema Kegiatan     : Lestari Seni Pencak, Warisan Kebersamaan Bangsaku
Waktu dan Tempat   : 29 Oktober 2016/06.00 - 17.00 Wita/Fort Rotterdam Makassar
KONTAK PERSON
Hilal, S.Si., Apt 081355769494
Nurhadi, S.Kom 085299384007
Mulani, S.ST 081354945044
Kusnadi S. Hidayat 082345261882