Selamat Datang Di Situs Resmi Kami Terima Kasih Atas Kunjungannya Setiap Langkah Harus Dengan Arti, Setiap Langkah Harus Dengan Pikiran, Sebelum Melakukan Harus Hati-Hati, Kalau Jelas Itu Jelek/Buruk Dijauhi

PENYEBARAN MARGALUYU PUSAT CIKUYA

Penyebaran Gerak Badan Pencak Margaluyu Pusat Cikuya Sejak secara definitip PPS Margaluyu Pusat Cikuya yang berkedudukan di desa Cikuya kecamatan Cicalengka Kabupaten Bandung pada tahun 1948 didaftarkan pada Departemen Pendidikan dan Kebudayan Propinsi Jawa Barat. Maka mulailah keilmuan Margaluyu Pusat Cikuya menyebar keluar dari Cicalengka.


Para senior Margaluyu Pusat Cikuya yang telah berjasa dalam pengembangan dan penyebaran Keilmuan Margaluyu Pusat Cikuya  antara lain. Mang Suwandi (Bandung) Andi Rohani (Cicalengka Dungus Maung) Mang Uwen (Garut) Mang Adiwikarta (Ulis – Cikuya Cicalengka) Idid Junaidi (Cikuya Cicalengka) M Saleh (Rancaekek) M. Saitja (Karawang) Mualim Toha (Bogor) H. Maan (Bogor) Haji Idi Sidiq (Cianjur) Ucu Sapri (Kebayoran) Musa (tanjung priok Romli Eng Go (tebet Jakarta) Suherlin (Pamanukan Subang) Dan Suwaryono (Jogyakarta) Sumo Prawiro (Wates DIY) Soekabdjo (Beran kidul Sleman) Toha (Waru – Sidoarjo) Haji Maksum (Pasuruan) Muljohardjo (gedung air – Lampung) Imam Sudarso (Kp.duri – Grogol) Markam (cililitan – Jak. Timur).


Mereka adalah pelatih senior yang telah memberikan andil besar dalam penyebaran keilmuan Margaluyu Pusa Cikuya. Dari jasa para senior inilah penyebaran keilmuan Margaluyu Pusat Cikuya baik ilmu pencak silat maupun ilmu pernapasan menyebar ke seluruh Nusantara.


Selepas wafatnya Abah S. Andadinata, kordinasi pemberian mandat sebagai pelatih dilakukan oleh Ibu Sukaesih Andadinata dibantu oleh Mang Andi Rohandi dan Idit Junaidi Sedangkan untuk kordinasi pelatihan di sekertariat Pusat Gerak Badan Pencak Margaluyu Pusat Cikuya Cicalengka Pencak Silat oleh bapak Idit Junaedi Sport /jurus oleh Bapak Andi Rohandi.


Guna melestarikan pakem Keilmuan Margaluyu Pusat Cikuya, baik metode pelatihan maupun kesempurnaan tata gerak silat dan atau tata gerak jurus pernapasan, sedikitnya 1 tahun sekali dilakukan pertemuan pendekar pelatih Margaluyu Pusat Cikuya di Cikuya Cicalengka yang bertepatan dengan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, tepatnya tanggal 12 Rabiul Awal. Yang sampai saat ini masih menjadi tradisi.