Selamat Datang Di Situs Resmi Kami Terima Kasih Atas Kunjungannya Setiap Langkah Harus Dengan Arti, Setiap Langkah Harus Dengan Pikiran, Sebelum Melakukan Harus Hati-Hati, Kalau Jelas Itu Jelek/Buruk Dijauhi

Sejarah Margaluyu Pusat Cikuya Wilayah Sulawesi

Diawali oleh seorang Purnairawan TNI AD yang ditugaskan di Kabupaten Bone yaitu Alm. Abdul Rasyid, Beliau dilahirkan di Kabupaten Pangkep tanggal 02 April 1943 dan Wafat pada hari Jumat  tanggal 29 Desember 2006 di Leppangeng Kabupaten Bone.


Tahun 1995 Alm. Abdul Rasyid belajar Margaluyu 151 di Kabupaten Bone, dan pada tahun 1996 Beliau menuju ke Kabupaten Pangkep dimana pada waktu itu belum ada perguruan Margaluyu 151 di Kabupaten Pangkep. Atas melihat hal tersebut maka beliau membuka lapangan sekaligus mengajarkan ke Masyarakat Margaluyu 151.

Selama tahun 1996 sampai tahun 2006 Beliau tetap mengajarkan Margaluyu 151 baik di Pangkep maupun di Bone. Dan telah mencetak beberapa Murid-murid kepercayaan Beliau diantaranya yang kami bisa kami  sebutkan yaitu : Pak Ambo, Pak Amilin, Pak Kasmal, Pak Muddaing, Pak Ashar, Pak Hasan Basri, Pak Kusnadi S. Hidayat, Pak Kadir, Pak Udin, dan  Amal.

Pada tahun 2006, Beliau Wafat dan pelatihan Margaluyu 151 di Pangkep terhenti tetapi tetap diamalkan oleh para murid-murid Beliau. Setelah Beliau Wafat di Pangkep yang dipercayakan Oleh Beliau adalah Pak Ambo, Pak Amilin, dan Pak Muddaing.

Tahun 2003 Salah satu Murid Beliau yang masih yunior yaitu Pak Kusnadi S. Hidayat meninggalkan Pangkep menuju ke Kota Makassar untuk Study. Selama di Kota Makassar Pak Kusnadi S. Hidayat tetap mengamalkan ilmu yang pernah diajarkan dan melatih beberapa Murid baik di Makassar maupun di Pangkep.

Tahun 2008 Pak Kusnadi S. Hidayat, aktif di Margaluyu 151 Cabang Makasar, dan Pada Tahun 2009 menjadi Koordinator Lapangan Di Masjid Al Markaz Makassar.

Pada akhir tahun 2009 dimana era informasi yg memberikan kemudahaan informasi dari manapun memberikan pencerahan pada Margaluyu Pusat  sehingga sampai ke kediaman abah Idit Junaedi di Cikuya Cicalengka Kab. Bandung sekitar awal  tahun 2010.

Informasi tentang Margaluyu Pusat Cikuya didapatkan dari beberapa Senior-Senior seperti Pak H. Bambang, dari Jakarta, Pak Asep, Pak Wawan, dan Pak Darmadi Dari Semarang, Pak Sulis dari Jogjakarta, dan Tedja Agung di Cikuya-Bandung.

Sehingga pada awal Tahun 2010 Pak Kusnadi S. Hidayat, menuju ke Cikuya dan dilatih Ilmu Margaluyu Pusat Cikuya Oleh Pak H. Bambang, Sangadji, Dede Sumpeno, Tedja Agung, dan Husein Efendy (Brunai Darussalam) dan Diharkat Oleh Abah Idit Djunaedi.
Sekembali ke Kota Makassar Pak Kusnadi S. Hidayat,  mengajarkan Pakem Asli Margaluyu Pusat Cikuya, dan beberapa daerah di Sulawesi.

Sampai saat ini Margaluyu Pusat Cikuya telah tersebar kepelosok tanah Sulawesi yaitu Cabang Makassar dikoordinir Oleh Pak Abd. Razak Munir,  Cabang Pangkep dikoordinir oleh Pak Amilin dan Pak Haerul Hamzah,  Cabang Pare-pare di Koordinir  oleh Pak Suardi A dan Pak Wahyudi, Cabang Pinrang dikoordinir oleh Pak Ibrahim dan Pak Tisar Wahyudi, Cabang Soppeng dikoordinir oleh Pak Jusman, Cabang Bantaeng dikoordinir oleh Pak Dedy, dan Cabang Bulukumba dikoordinir oleh Pak samsul Komar.

Margaluyu Pusat Cikuya Wilayah Sulawesi tidak akan pernah berhenti mencari & terus mencari, karena kami ingin melestarikan keilmuan Margaluyu sesuai amanah guru-guru dan pelatih-pelatih  kami.
Wassalam.

Setiap Langkah Harus Dengan Arti
Setiap Langkah Harus Dengan Pikiran
Sebelum Melakukan Harus Hati-Hati
Kalau Jelas itu Jelek/ Buruk Dijauhi