Selamat Datang Di Situs Resmi Kami Terima Kasih Atas Kunjungannya Setiap Langkah Harus Dengan Arti, Setiap Langkah Harus Dengan Pikiran, Sebelum Melakukan Harus Hati-Hati, Kalau Jelas Itu Jelek/Buruk Dijauhi

Susunan Pengurus Margaluyu Pusat Cikuya Wilayah Sulawesi

MARGALUYU PUSAT CIKUYA WILAYAH SULAWESI
Sekretariat : Jl. Bunga Ejaya No 15 Makassar Telp. 085255942754/085255558365

SUSUNAN PENGURUS MARGALUYU PUSAT CIKUYA WILAYAH SULAWESI PERIODE 2012-2017

Ketua                                           : KUSNADI S. HIDAYAT, S.KM
Wakil Ketua                                : AMILIN, S.Pd
Sekretaris                                    : DWI PRIYASETO SEPTIMAN, S.KG
Bendahara                                   : ANA MARLIKA JALIL

Bidang Hubungan Masyarakat & Kesekretariatan
Ketua                                            : DEDI MULYANA
Anggota                                        : 1. DEDI, SE
                                                        2. MUHAMMAD SARIF SANI

Bidang Informasi & Promosi
Ketua                                            : IBRAHIM, S.Pd
Anggota                                        : 1. IQRA MUHAMMAD DJUBAIR
                                                        2. SYAMSUL KOMAR, Amd. Kep

Bidang Pelatihan & Pengembangan    
Ketua                                            : SUARDI A
Anggota                                        : 1. A. SUDIARTO ALANG, SE
                                                        2. JUSMAN MAS’ING
                                                                                                                                



Sejawat Margaluyu Pusat Cikuya Cabang Pinrang Angkatan Ke-1


Dari Kiri Belakang Kekanan Depan
  1. A. Sudiarto Alang, SE
  2. Muh Yusuf Idris
  3. Ibrahim, S.Pd 
  4. Tisar Wahyudi 
  5. Ridwan

Welcome To Margaluyu Pusat Cikuya Cabang Pangkep

MARGALUYU PUSAT CIKUYA CABANG PANGKEP
Sekretariat  : Desa Tabo-Tabo Kec. Bungoro Kabupaten Pangkep Telp. 085255431407/085342756294 
Email : mlpcpangkep@gmail.com Facebook : www.facebook.com/groups/mlp.cab.pangkep

 A.   Sejawat Margaluyu Pusat  Cikuya Cabang Pangkep Angkatan Ke-1
  1. Ashar, A.MC
  2. Muhammad Sabir
  3. Muhammad Amri
  4. Yahya









B.   Sejawat Margaluyu Pusat Cikuya Cabang Pangkep Angkatan Ke-2
  1. Amilin, S.Pd
  2. Haerul Hamzah, SE., S.Pd
  3. Palman B
  4. Akbar 
  5. Supriadi
  6. Nana Nasrudini
  7. Mursaha
  8. Muhammad Sarif Sani

Arsip Pengumuman

Pemberitahuan Blog MLP Makassar

Assalamu Alaikum Wr. Wb
Salam Margaluyu Pusat Cikuya semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT. Amin Amin Amin

Sehubungan dengan beredarnya Blog Margaluyu Pusat Makassar (www.mlpmakassar.blogspot.com) yang telah meresahkan masyarakat khususnya di kota Makassar dimana telah memposting tulisan, gambar dan video tentang pornografi, maka kami dari Pengurus Margaluyu Pusat Cikuya Wilayah Sulawesi menyampaikan bahwa Blog tersebut telah di Hecker (Dibajak atau Diambil Alih oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Sehingga kami memohon kepada semua masyarakat untuk turut membantu kami dalam menghapus blog tersebut dengan cara mengunjungi alamat blog tersebut dan mengklik LAPORKAN PENYALAGUNAAN BLOG. Untuk itu kami dari Pengurus mengucapkan banyak terimakasih yang sedalam-dalamnya.


Bagi Masyarakat yang ingin mengetahui lebih dekat tentang Margaluyu Pusat Cikuya Wilayah Sulawesi silahkan mengunjungi Website kami di :

Pinrang, 02 Juni 2012
Ketua Bidang Informasi & Komunikasi Margaluyu Pusat Cikuya Wilayah Sulawesi

TTD

Ibrahim, S.Pd

Pelatihan Pencak Silat

Assalamu Alaikum Wr. Wb

Salam Silat.

Disampaikan kepada seluruh masyarakat Khususnya di Kota Makassar dan sekitarnya bahwa akan diadakan pelatihan Pencak Silat Khusus anak-anak usia 5-16 tahun yang Insya Allah latihan Perdana akan dilaksanakan pada :

Hari / Tanggal  : Sabtu / 23 Juni 2012
Pukul              : 16.00 s/d 18.00 Wita
Tempat    : Depan Sekretariat BPH Pemuda Olahraga dan Seni Masjid Al Markaz Al Islami Makassar

Demikianlah Informasi dari kami.Lebih dan kurangnya mohon dimaafkan. Terimakasih.

Kontak Person :
1.    Muh Sabri 082187417735
2.    Samsul Arif 085273997006

Tutur Kata Keluarga S. Anda Dinata


Andadinata yang lebih dikenal dengan nama Abah Andadinata (Majalaya, Bandung, 1893 - 30 Januari 1969) adalah seorang pendiri perguruan silat yang kontribusinya telah diakui oleh komunitas Silat Indonesia.

Sampai akhir hayatnya Abah Andadinata bermukim Jl. Ir H. Juanda no. 56 desa Cikuya kecamatan Cicalengka. Ia wafat pada petang hari tanggal 29 Januari 1969 pada usia 76 tahun dan di makamkan ditempat yang sama pada tanggal 30 Januari 1969 di desa Cikuya, Cicalengka
Perguruan silat yang dikembangkannya bernama Gerak Badan Pencak Margaluyu Pusat, yang telah diakui sebagai salah satu perguruan silat tenaga dalam pertama di Indonesia.
Andadinata yang memiliki darah menak Sumedang dan lebih suka menjalani kehidupan pribadinya secara mandiri tanpa tergantung pada orang lain. Andadinata dilahirkan di desa Rancabayawak yang berada di wilayah Majalaya sekitar 30KM tenggara kota Bandung, pada tahun sekitar 1893. Tidak diketahui tepat tanggal dan bulan kelahirnya. Semasa hidupnya, sebagian besar dilalui melalui petualangan ke seluruh antero Jawa Barat mempelajari berbagai ilmu silat.

TUTUR KELUARGA S.ANDDINATA
7(TUJUH) KEBOHONGAN ALIBASYAH HS EFFENDI PS (GURU BESAR 151) 

Pada sarasehan para sepuh, keluarga Andadinata menyampaikan sebagai berikut :

Pertama :
Kebohongan Alibasyah HS Effendi PS mengaku sebagai murid terdekat Andadinata dan pewaris tunggal keilmuan margaluyu dari abah Andadinata.
BUKTI KEBOHONGANYA, bahwa Alibasyah HS Effendi tidak pernah bertemu muka langsung dengan abah Andadinata.Alibasyah HS Effendi belajar margaluyu kepada pa Sumopawiro di kota Wates Kulonprogo D.I Yogyakarta pada tahun 1963. Di harkat (wisuda) oleh pa Sumopawiro. Alibasyah HS Effendi bukan diharkat (wisuda) olen abah Andadinata.,BR. Saksi hidup kebohongan Alibasyah HS Effendi PS masih hidup dan bisa ditanyakan sampai saat ini. Seperti pa Sudarmo (tetangganya Effendi), pa Diyono, pa Rusmin, pa Basuki, pak Randi yg kesemuanya adalah teman seangkatan Alibasyah HS Effendi PS sewaktu berlatih margaluyu kepada pa Sumopawiro di kota Wates Kab. Kulonprogo D.I.Yogyakarta.

Kedua :
Kebohongan Alibasyah HS Effendi yang mengatakan bahwa ilmu Margaluyu yg berasal dari Ilmu surudiro jayaningrat lebur dening pangastuti yang kemudian dirubah namanya menjadi Margaluyu didirikan di Yogyakarta pada 6 Juni 1555 oleh Sultan Agung raja Mataram
BUKTI KEBOHONGAN Alibasyah HS Effendi PS, bahwa pada tahun 1555 kerajaan Mataram belum berdiri. Tahun 1555 Sultan Agung belum lahir. Tahun 1555 kota Yogyakarta belum berdiri.Fakta otentik bahwa kerajaan Mataram baru berdiri tahun 1587. Sultan Agung baru lahir pada tahun 1593. Sultan Agung Menjadi raja Mataram tahun 1613. Kota Yogyakarta baru berdiri tahun 1756. 

Ketiga :
Kebohongan Alibasyah HS Effendi PS yang mengatakan bahwa Abah Andadinata sebagai abdi dalem / pengasuh Sultan Agung dan diwarisi ilmu surodiro jayaningrat lebur dening pangastuti yang kemudian dirubah namanya menjadi ilmu Margaluyu.
BUKTI KEBOHONGAN Alibasyah HS Effendi PS adalah Fakta otentik bahwa Sultan Agung sudah meninggal pada tahun 1645 dan abah Andadinata dilahirkan pada tahun 1893.Jadi sangat tidak mungkin abah Andadinata yg belum lahir pada saat Sultan Agung meninggal ditahun 1645 bisa menjadi abdi dalem / pengasuh Sultan Agung. Sangat tidak mungkin Sultan Agung yang sudah meninggal di tahun 1645, bisa mengajar, melatih dan mewarisi ilmu surodiro jayaningrat lebur dening pangastuti kepada abah Andadinata yang belum lahir pada saat Sultan Agung Meninggal.

Keempat :
Kebohongan Alibasyah HS Effendi PS yang mengatakan bahwa abah Andadinata lahir pada 6 Juni 1724 dan wafat 6 Juni 1969. Dan makamnya tidak diketahui keberadaanya. Kebohongan ini ditulis dibuku Panduan ML151 dan buku Selayang Pandang 151.
BUKTI KEBOHONGAN Alibasyah Hs Effendi PS, bahwa dia sudah melihat sendiri pada di nisan makam abah Andadinata tertulis wafat pada 30 Januari 1969 

Kelima :
Kebohongan Alibasyah HS Effendi PS yang mengatakan umur abah Andadinata 394 tahun.
BUKTI KEBOHONGAN Alibasyah HS Effendi Bahwa gurubesar 151 Alibasyah HS Effendi PS telah salah menghitung. Jika ditarik dari tahun wafat abah Andadinata 1969 dikurang 394 tahun maka tahun kelahiran abah Andadinata adalah 1969 – 394 = 1575. Bukan 6 Juni 1724 seperti yg ditulis di buku Selayang Pandang ML151.Setiap kebohongan pasti memiliki celah fakta yang tidak pernah diperkirakan oleh pelaku pembohongnya.

Keenam :
Kebohongan Alibasyah HS Effendi P, mengatakan bahwa ada orang yang Iri dan Dengki kepada dirinya karena tidak diwariskan keilmuan Margaluyu dari abah Andadinata. Maka membuat perguruan Margaluyu lainya.
BUKTI KEBOHONGAN Alibasyah HS Effendi PS, Dalam kenyataanya Alibasyah HS Effendi PS baru belajar Margaluyu pada tahun 1963. Dan baru belajar 11 jurus dari 52 Jurus Margaluyu yang diajarkan oleh Abah Andadinata. Selebihnya Alibasyah HS Effendi PS mengajarkan ilmu Kejawen yg tidak pernah diajarkan oleh abah Andadinata.

Ketujuh :
Kebohongan Alibasyah HS Effendi PS mengatakan pada Pedranas 12 Des 2011 bahwa abah Andadinata masih hidup sampai sekarang tetapi muspro menghilang bersama jasadnya alias Moksa. Dan mengatakan bahwa yang dimakamkan di Cikuya adalah S.Andadinata anak tertua abah Andadinata. 
BUKTI KEBOHONGAN Alibasyah HS Effendi PS, Yang dikatakan pada pedranas 12 Des 2011 bertolak belakang dengan yang pernah ditulis di buku Panduan ML151 dan buku Selayang Pandang 151.Di kedua buku tsb dengan gamblang tertulis Eyang Andadinata Wafat pada 6 Juni 1969. Namun di pedranas mengatakan Eyang Andadinata masih hidup sampai sekarang.
BUKTI KEBOHONGAN Alibasyah HS Effendi yg mengatakan yg dimakamkan di Cikuya adalah S. Andadinata anak tertua dari Eyang Andadinata. Terbukti bahwa sejak Alibasyah HS Effendi PS belajar Margaluyu kepada pa Sumopawiro dan mengangkat dirinya sebagai guru besar ML151 belum pernah ke Cikuya Cicalengka berkunjung kepada abah Andadinata dan atau keluarganya Andadinata. Belum pernah tahu kalau nama lengkap eyang Andadinata adalah S. Andadinata.
Alibasyah HS Effendi PS baru tahu jika didepan nama Andadinata ada huruf S, pada saat datang membuktikan bahwa makam abah Andadinata benar benar ada pada tanggal 18 Des 2009. Demikian tutur keluarga Andadinata yg menguraikan kebohongan sistemik dari seorang Alibasyah HS Effendi PS. 

Jika memerlukan informasi lebih detail silahkan hubungi keluarga Andadinata melalui email : andadinata@margaluyu-pusat.net dan atau email sekertariat MLP mlpusat@margaluyu-pusat.net

Sejawat Margaluyu Pusat Cikuya Cabang Soppeng Angkatan Ke-1


Dari Kiri Ke Kanan
  1. Moses Senopadang, S.Si
  2. Jusman Mas'ing
  3. Kusnadi S. Hidayat
  4. Muhammad Hery Sukrianto
  5. Muslan lante, SE
  6. Komar Sugiono K, AMAK


Profil Senior Margaluyu Pusat Cikuya di Sulawesi

1. Kusnadi S. Hidayat

KUSNADI SUPRIADI HIDAYAT, dilahirkan pada tanggal 22 Mei 1982 di bumi Sawerigading tepatnya di desa padang kalua Kecamatan Bua Kabupaten Luwu Propinsi Sulawesi Selatan. Beliau anak bungsu dari 9 bersaudara, lahir dari kedua pasangan Kanalang dengan Lannara. Waktu SMU beliau mengikuti beberapa aliran karate dan kungfu yaitu Lemkari, Tapak Suci, Kungfu, dan Silat Bugis.

Pada tahun 2001 sesudah tamat dari sekolah menengah tingkat atas beliau menuju kabupaten Pangkep tepatnya di Bungoro disana beliau belajar Margaluyu 151, belajar ilmu agama Islam, dan silat bugis. Tahun demi tahun dilalui dan tetap menjadi pelatih dimargaluyu 151 di kabupaten pangkep dan di kota Makassar sampai tahun 2009.

Kemudian beliau mendengar tentang adanya Margaluyu selain dari Margaluyu 151 yaitu Margaluyu Pusat Cikuya yang terletak di Cikuya Cicalengka Bandung, kemudian beliau menanyakan, mempelajarinya, menganalisis, dan mengunjungi ke cikuya tentang kebenaran Margaluyu yang sesungguhnya. Dan ini tidak lepas dari jasa-jasa H. Bambang E.P Sarkoro yang memberikan petunjuk kepada beliau tentang kebenaran Margaluyu.

Beliau belajar Margaluyu Pusat Cikuya di Cikuya Cicalengka Kabupaten Bandung dan dilatih Oleh Bapak H. Bambang E.P Sarkoro, Sangaji Sarkoro, Tedja, Dede Sumpena, Efendi Husein (Brunai Darussalam), dan Diharkat Oleh Abah Idit Djunaedi.

Dalam sejarah tercatat bahwa beliau sangat berjasa karna beliaulah yang pertama kali menyebarkan margaluyu pusat cikuya di Sulawesi khususnya di kota Makassar pada tahun 2010, sehingga beliau diberikan Mandat menjadi Pelatih Margaluyu Pusat Cikuya di Sulawesi.

2. Amilin

Lahir di Tabo-Tabo Kabupaten Pangkep tanggal 8 Desember 1977 anak ke-2 dari pasangan Timeng dengan Muhaddas Paddese.

Semasa kecil Beliau banyak belajar Ilmu Beladiri baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri yaitu belajar Silat Tradisional sejak tahun 1987 pada saat berumur 10 Tahun, Black Fanther, LEMKARI, Tahun 1990 belajar IPSI, PPS Wali Suci.

Belajar Ilmu Margaluyu 151 pada tahun 1997 di kabupaten Pangkep dan menjadi Pelatih Senior di Pangkep. 

Salah satu Junior Beliau sewaktu di Margaluyu 151 Pangkep ialah Bapak Kusnadi S. Hidayat walaupun tahun 2010 Beliau kembali dilatih Oleh Bapak Kusnadi S. Hidayat dengan Pakem Asli Margaluyu Pusat Cikuya.

Pada Tahun 2010 beliau dilatih Margaluyu Pusat Cikuya oleh Bapak Kusnadi S. Hidayat di Kabupaten Pangkep dan Diharkat pada tahun 2011 Oleh Bapak H. Bambang E.P sarkoro (Sesepuh Margaluyu Pusat Cikuya).

Sampai sekarang beliau tetap mengembangkan Keilmuan Margaluyu Pusat Cikuya dan dimandatkan dari Margaluyu Pusat Cikuya/Dewan Majelis di Cikuya menjadi Wakil Ketua Margaluyu Pusat Cikuya Wilayah Sulawesi.

3. Abd. Razak Munir
Suka dipanggil dengan nama kecilnya yakni acha, Lahir di soppeng, 1974. Belajar beladiri pertama kali waktu smp di Seni Penjaga Diri Panca Sakti, sma di bandung belajar Tarung Derajat (waktu itu masih bernama Boxer), kateda (Sekarang PSTD), dan Kempo sampai sabuk hijau. Kuliah di Unhas belajar karate di inkai dan mengenal bela diri aikido. Kembali melanjutkan pendidikan di bandung menekuni Aikikai aikido sampai sekarang. Mendapat beasiswa dari pemerintah australia untuk belajar di Monash university sempat belajar Muso Jikiden Eishin-ryu Iaido dan Kokikai Aikido.

Kenal margaluyu Pusat Cikuya sejak 2006 melalui forum martial art kaskus dan milis margaluyu pusat. Bergabung di Margaluyu Pusat Cikuya Cabang Makassar tahun 2009 dilatih oleh Pak Kusnadi S. Hidayat dan diharkat tahun 2011 oleh H. Bambang E.P Sarkoro. Awal 2012 dilatih Silat Peksi Muih oleh pelatih pusat Tedja Agung Djunaedi di Cikuya Cicalengka.

Atas jasa melestarikan keilmuan Margaluyu Pusat Cikuya, maka beliau di amanatkan menjadi Ketua Margaluyu Pusat Cikuya Cabang Makassar sampai sekarang.

4. Dedy Mulyana
Bapak Dedy Mulyana lahir di Bandung, 17 Januari 1957. Beliau belajar Margaluyu sejak tahun 1971 di Margaluyu Pusat Cikuya di latih Oleh Bapak Jono dan Diharkat Oleh Bapak Andi Rohandi di Dungusmaung Cikuya Cicalengka Bandung.


Tahun 1972 beliau pindah ke Sulawesi Selatan. karena kecintaan beliau terhadap Ilmu Margaluyu maka pada tahun 2005 beliau menemukan Perguruan Margaluyu 151 di Bantaeng Sulawesi Selatan. Menurut pengakuan beliau ketika menemukan Margaluyu 151 gerakannya hampir sama dengan yang pernah beliau pelajari, oleh karena itu beliau mengira bahwa Margaluyu 151 sama dengan Margaluyu Pusat Cikuya. Sehingga beliau mempelajari Margaluyu 151 sampai tataran R Tutup pada tahun 2005 sampai 2011.


Beliau kembali mendapat pencerahan tentang kebenaran Margaluyu yang sesungguhnya yaitu Margaluyu Pusat Cikuya melalui Abah Idit Djunaedi di cikuya lewat Via telepon dan Abah Idit Djunaedi mengarahkan ke bapak Kusnadi S. Hidayat di Kota Makassar. Sehingga tahun 2011 Bapak Dedy Mulyana di evaluasi dan di perbaiki kembali jurus-jurus Margaluyu oleh Bapak Kusnadi S. Hidayat.

Atas semangat dan keberanian beliau untuk memperjuangkan kebenaran Margaluyu yang hakiki maka beliau di mandatkan menjadi pengurus Margaluyu Pusat Cikuya Wilayah Sulawesi yaitu Ketua bidang Humas dan Kesekretariatan.

5. Ibrahim


Lahir Pinrang 25 September 1975 Alamat Jl. Bangau No.7 Kel. Jaya Kec. Watang Sawitto Kab. Pinrang , Beliau Anak Sulung dari 6 Bersaudara Beliau Lahir dari pasangan M.IDRIS.K dengan I Mimang Menyukai beladiri sejak kecil. Belajar Beladiri Karate tahun 1993 sampai kyu 1 dan juga banyak mempelajari beladiri tradisional. MasukMARGALUYU 151 pada tahun 1995 di Kab. Pinrang sampai tataran R Tutup dan pernah menjabat Koordinator ML 151 Lapangan Banteng Kab. Pinrang (Satu angkatan).

Beliau Mengenal MARGALUYU PUSAT CIKUYA Melalui Media Internet tahun 2007 dan kemudian menghubungi salah satu admin MLP Cikuya , namun karena terbentur biaya beliau tdk bisa ke Bandung maka untuk sementara niat Beliau tertunda untuk belajar Pakem Asli di MLP Cikuya.

Menyadari kekeliruan tentang sejarah Margaluyu dan keilmuan Margaluyu berkat hidayah dari Allah SWT memutuskan untuk bergabung dengan MARGALUYU PUSAT CIKUYA
Setelah berkenalan dengan Bapak Kusnadi S. Hidayat melalui via telepon dan dilatih langsung oleh Bapak Kusnadi S. Hidayat secara private bersama teman sejawat di Kab. Pinrang Dan beliau diharkat bersama teman sejawatMARGALUYU PUSAT CIKUYA CABANG PINRANG Oleh H. Bambang E.P Sarkoro pada tahun 2011 di Mesjid Al Markaz Makassar.

Alhamdulillah Sampai detik ini Beliau tetap eksis di Margaluyu Pusat Cikuya Cabang Pinrang sebagai Pembina Margaluyu Pusat Cikuya Cabang Pinrang dan Ketua Bidang Infokom Margaluyu Pusat Cikuya Wilayah Sulawesi 

6. Haerul Hamzah

Biasanya disapa dengan Haerul, Lahir di Tabo-tabo kecematan Bungoro Kabupaten Pangkep pada tanggal 28 Juni 1981. Anak pertama dari 3 bersaudara. 

Menyelesaikan studi S1 Pendidikan Ekonomi Universitas Muslim Indonesia tahun 2003, dan S1 FKIP Universitas Veteran Republik Indonesia tahun 2011. 

Beliau mulai belajar Margaluyu 151 di pangkep pada tahun 1997 dan menjadi pelatih margaluyu 151 di tabo-tabo. Belajar Margaluyu Pusat Cikuya dilatih oleh Pak Kusnadi S. Hidayat di pangkep tahun 2010 dan diharkat di Makassar Oleh Bapak H. Bambang E.P Sarkoro pada tahun 2011.

Hingga sampai sekarang Beliau tetap melestarikan Pakem Asli Margaluyu Pusat Cikuya dan dipercayakan menjadi Ketua Margaluyu Pusat Cikuya Cabang Pangkep.

7. Dwi Priyaseto Septiman


8. Komar Sugiono K


KOMAR SUGIONO KANALANG, dilahirkan pada tanggal 22 Mei 1982 di bumi Sawerigading tepatnya di desa padang kalua Kecamatan Bua Kabupaten Luwu Propinsi Sulawesi Selatan. Beliau anak ke 8 dari 9 bersaudara, lahir dari kedua pasangan Kanalang dan Lannara, Beliau adalah saudara Kembar Bapak Kusnadi S. Hidayat.

Belajar Margaluyu 151 di Kabupaten Pangkep pada tahun 2006 dan dilatih oleh Bapak Kusnadi S. Hidayat sampai tahun 2009, kemudian belajar Margaluyu Pusat Cikuya kepada Bapak Kusnadi S. Hidayat tahun 2010, dan diharkat Oleh H. Bambang E.P Sarkoro pada tahun 2011.

Beliau sampai sekarang eksis di Margaluyu Pusat Cikuya Cabang Makassar sebagai Kepala Seksi Pelatihan.

9. Tisar Wahyudi


TISAR WAHYUDI, dilahirkan pada tanggal 05 Februari 1985 di bumi Lasinrang tepatnya di Jl. Lamini No.2 Kamp. Jaya Kecamatan Wat. Sawitto Kabupaten Pinrang Propinsi Sulawesi Selatan. Beliau anak Sulung dari 2 bersaudara, lahir dari kedua pasangan SARIFUDDIN.SE dengan SUPARTI. Pada Tahun 2008 beliau mengikuti Perguruan "Margaluyu"151 Di kab.Pinrang Sampai Dengan Tataran R Tutup, jabatan yg pernah beliau Emban di "Margaluyu"151 yaitu Bendahara lapangan Banteng dan koordinator lapangan carawali selama 2 angkatan.

Beliau Mengenal Margaluyu Pusat Cikuya Melalui Media Internet, Beliau bertanya-tanya Dalam Hati Tentang Perbedaan Antara "Margaluyu"151 dengan Margaluyu Pusat Cikuya kemudian, Beliau Mempelajari dan menganalisis tentang Margaluyu tapi jauh sebelum itu beliau pernah jadi penentang akan hadirnya Margaluyu Pusat Cikuya di sulawesi tapi kegigihan beliau menganalisa akhirnya beliau tertarik belajar Margaluyu Pusat Cikuya dan di latih langsung oleh Bapak Kusnadi S. Hidayat di Kab.Pinrang dan diharkat Oleh H. Bambang E.P Sarkoro pada tahun 2011. Sekarang Beliau Menjadi Perbincangan oleh Para Pembesar di "margaluyu"151 Cab. Pinrang dan beliau dinobatkan menjadi pemberontak di "margaluyu"151 Cab. Pinrang sehingga beliau juga sering mendapat ancaman melalui via sms maupun telpon tapi beliau tidak pernah gentar akan ancaman itu. 

Pada tahun 2012 tepatnya 12 april 2012 beliau Belajar Silat Mandar yg hampir Punah di desa Tangnga-tangnga Kec.Tinambung Kab.Polman dan diajar langsung oleh HABO' yang statusnya masih keluarga beliau Sendiri.

Sampai detik ini Beliau tetap eksis di Margaluyu Pusat Cikuya Cabang Pinrang sebagai Ketua Margaluyu Pusat Cikuya Cabang Pinrang.

10. Jusman Mas'ing



Jusman Mas'ing di lahirkan pada tgl 20 Maret 1981 di Latemmamala tepatnya Sentral Takalala Kecamatan Marioriwawo Kabupaten Soppeng Provinsi Sulawesi selatan. Anak pertama dari 4 bersaudara,beliau lahir dari pasangan Mas'ing dengan Sumarni Menggeluti dunia beladiri (Tenaga dalam) sejak SMP kelas 1. Setamat SMP Negeri 3 Marioriwawo, merantau ke Samarinda (Kalimantan) Sempat jadi Kordinator lapangan di salah satu lapangan Paguyuban seni beladiri pernapasan TAPAK WALI INDONESIA di Daerahnya (Takkalala) juga mengembara dari padepokan ke padepokan beladiri yang lain. Diantaranya, WAHYU SUCI di Soppeng, Majelis ilmu gaib AL-MIFTAH Jogyakarta, Yayasan perguruan MACAN SEMESTA, Kompleks Keraton Solo jawa Tengah, Pesangrahan ILmu Khodam Solo Jawa Tengah, Pusat Perguruan HIDAYAH LANGIT Jember Jawa Timur, PSTD AL-HIKMAH "RAJAWALI EMAS" Jember Jawa Timur.

Banyak menyerap ilmu secara privat dari berbagai Guru. Awal Beliau mengenal MARGALUYU PUSAT CIKUYA Tahun 2007 di Internet secara kebetulan & kemudian menghubungi Pak Rama Wijaya, namun karna terbentur biaya beliau tdk bisa ke Bandung maka untuk sementara niat Beliau tertunda untuk belajar Pakem Asli di MLP Cikuya, baru pada tahun 2010 kemudian Beliau kembali mencoba menghubungi Pak Rama Wijaya kemudianmemberikan informasi bahwa Margaluyu Pusat Cikuya sudah ada di Sulawesi di Kota Makassar.

Beliau Belajar Margaluyu Pusat Cikuya di Makassar dilatih Oleh Bapak Kusnadi S. Hidayat dan Komar Sugiono K. Maka pada tgl 12 Desember 2010 Beliau resmi menjadi Sejawat Margaluyu Pusat Cikuya dan tetap eksis sampai sekarang dan menjadi Pengurus Margaluyu Pusat Cikuya Wilayah Sulawesi sebagai Anggota Pelatihan dan Pengembangan. Serta beliau juga tercatat dalam sejarah bahwa beliau orang pertama kali membawa dan mengajarkan Margaluyu Pusat Cikuya di Kabupaten Soppeng.

11. Suardi A

Lahir pada tanggal 14 November 1992, dengan nama Lengkap Suardi A ,sehingga setiap yang mendengarnya menyangka lahir di Pulau Jawa, walau aslinya lahir di Kabupaten Pinrang Sulawesi Selatan, Anak ke 3 dari 3 bersaudara.

Sejak tahun 2005 mendengar nama Margaluyu, hingga awal tahun 2009 mulai belajar Margaluyu 151 di Lapangan Bumi Harapan Kota Pare-pare dan dilatih langsung oleh senior yang bertataran TAR (Muh Iqbal, SE), sempat menjadi pelatih senior ,sebab waktu itu beliau angkatan ke 3 sejak dibukanya lapangan tersebut.

Syukur kepada Allah SWT akhir tahun 2010, Beliau melirik akun Margaluyu Pusat Makassar, mulai berkenalan dengan Bapak Kusnadi S. Hidayat, dan menanyakan perbedaan tersebut, hingga meminta kesediaan beliau melatih di Pare-pare.

Alhamdulillah Bapak Kusnadi S. Hidayat bersedia meluangkan waktu sibuknya untuk melatih di Pare-pare, hingga pada tanggal 3 Maret 2011, resmi menjadi sejawat Margaluyu Pusat Cikuya.

Hinggah hari ini Beliau tetap melestarikan Perguruan Margaluyu Pusat Cikuya dan di Amanatkan Menjadi Ketua Bidang Pelatihan dan Pengembangan Margaluyu Pusat Cikuya Wilayah Sulawesi.

Profil Senior Margaluyu Pusat Cikuya


Sekilas tentang sejarah almarhumah Abah Andadinata.

Beliau dilahirkan didesa kecil Ranca Bayawak disebelah selatan kota Majalaya kira-kira 30 km dari kota Bandung. Sejak usia muda beliau berkelana ke seantero Jawa Barat untuk belajar silat dan spritual. Mimpi yang ada didalam dirinya adalah bercita-cita menjadi sosok yang bisa menyumbangkan pengetahuannya kepada orang lain. Dengan tekad yang kuat tanpa mengenal, akhirnya Allah SWT mewujudkan mimpinya menjadi kenyataan. Beliau menjadi seorang yang memiliki keterampilan silat luar dalam yang sangat tangguh. Disisi lain beliau memiliki kepribadian yang prima berkat ketekunananya menjalankan syariat agama. Sehingga Abah Andadinata hingga saat ini dikenal sebagai pribadi yang keteladananya bisa menjadi contoh.


Pada awalnya beliau mendirikan gerak badan pencak Margaluyu pada dekade tahun 1920an, tetapi baru ditahun 1930 Margaluyu dikenal pada kalangan yang sangat terbatas. Mengingat kondisi pada saat itu adalah bukan saat yang tepat, mengingat Indonesia masih berada dalam era penjajahan yang tentunya bukanlah hal yang mudah untuk melatih beladiri secara terbuka.

Margaluyu mulai dikenal sejak abah Andadinata berhasil mengamankan daerah Cicalengka tepatnya desa Cikuya dari gangguan gerombolan sekitar tahun 1946. Oleh karena itu lurah desa Cikuya pada waktu itu bapak Ibrahim meminta beliau menetap di desa Cikuya untuk melatih sport (olah raga) Margaluyu-pusat kepada warga desa.
Dengan dibantu oleh Mang Ulis, Mang Andi Rohandi, Mang Suwandi dan Mang Uwen warga desa berlatih Gerak Badan Margaluyu. Dan baru pada tahun 1948 secara resmi Gerak Badan Penca Margaluyu-pusat didaftarkan ke PPSI dan Departemen Pendidikan & Kebudayaan.


Sekilas tentang almarhumah ibu Andadinata

Terlahir dengan nama Sukaesih, pada usia muda beliau adalah seorang guru Sekolah Dasar. Beliau menerima mandat sebagai pelestari Gerak Badan Pencak Margaluyu Pusat, setelah abah Andadinata wafat. Sedangkan abah Andadinata dimakamkan di didesa Cikuya Kecamatan Cicalengka. Kemudian bersama-sama pelatih pusat mang Andi Rohandi dan mang Idit Junaidi beliau menjaga serta memelihara kelestarian. kemurnian Gerak Badan Pencak Margaluyu Pusat.Almarhumah wafat pada tahun 1982 pada saat menunaikan ibadah haji.



Sekilas tentang almarhum abah Idit Junaedi


Sejak usia 9 tahun orang tua Idit Junaidi menyerahkan kepada abah Andadinata (dingengerkan) yang pada awalnya untuk membantu mengurus keperluan keluarga abah Andadinata dan sebagai teman main Tohidi (kang Ujang) putera Abah Andadinata yang bungsu.

Sebagai "hadiah", setiap malam hari Abah Andadinata mengajarkan jurus silat. Satu diantara jurus silat yang ampuh adalah jurus silat peksi muih. Bertahun-tahun Idit Junaidi dilatih jurus-jurus silat sehingga Idit Junaidi memiliki keterampilan silat yang mumpuni. Meski usianya masih dibawah 17 tahun. Begitu usianya mencapai 17 tahun, barulah abah Andadinata melatih jurus-jurus Margaluyu. Untuk itu abah Andadinata menugaskan Mang Uwen (tinggal di Garut) untuk melatih dan mendidik Idit Junaidi sampai "jadi". Abah Idit Meninggal pada tanggal 16 April tahun 2011.



Sekilas tentang almarhum mang Andi Rohandi

Mang Andi sebutan akrab untuk beliau, Terlahir dengan Nama Andi Rohandi. Beliau adalah satu diantara sesepuh Margaluyu yang tinggal di Cicalengka. Tepatnya di desa Dungus Maung, tidak jauh (*/- 1 Km) dari desa Cikuya Cicalengka tempat abah Andadinata tinggal. 

Sebagai pelatih senior Mang Andi diberi kepercayaan untuk mengendalikan jalanya organisasi dimana Tugas Mang Andi adalah melatih Sport (gerak Badan), Adapun untuk melatih pencak silat dipercayakan kepada Idit Junaidi.
Dari "tangan dingin" Mang Andi, sederetan senior Margaluyu, Seperti Pak Dan Suwayono (Yogya), Sukapdjo (Sleman), Pak Sumo (wates) mengembangkan Margaluyu di wilayah Yogyakarta dan sekitarnya. 

Sebagai pendamping Abah Andadinta, Mang Andi acap kali ikut bersama Abah Andadinata untuk berkunjung ke guru spiritual di Kasepuhan Cirebon. Petaruman Garut dll. Mang Andi wafat pada tanggal 21 Nopember 1997 Di Cicalengka. Jasa beliau tak terbilang dalam mengembangkan dan melestarikan kemurniar jurus-jurus Margaluyu.

Sekilas tentang bapak Soekabdjo

Bagi warga Beran Kidul Desa Tridadi Kabupaten Sleman, sudah tidak asing dengan Pak Soekab sebagai sapaan populer. Sebagian warga menyapanya dengan mas Lurah. Bukan karena beliau menjabat sebagai kepala desa, Karena beliau adalah putra seorang lurah. 
Mengenal Gerak Badan Pencak Margaluyu Pusat dari seorang teman seangkatan di Kepolisian Negara sewaktu bertugas pada operasi GBN diperbatasan Jawa Tengah dan Jawa Barat. tepatnya di wilayah Majenang.

Beliau datang ke Cikuya Cicalengka pada tahun 1952, bertemu dengan Abah Andadinata untuk belajar sport Margaluyu. Abah Andadinata menugaskan Mang Andi Rohandi untuk melatih, dan dalam waktu relatip singkat Keilmuan Margaluyu Pusat dikuasai setelah berlatih sekitar 5 tahun. 
Mandat sebagai pelatih Margaluyu Pusat baru diterima pada tahun 1977, karena kesetiaan beliau melestarikan pakem pelatihan Margaluyu.



Sekilas tentang bapak Ica


Pak Ica panggilan akrab beliau. Bagi masyarakat di Karawang kota, khususnya disekitar Anjung Kanoman sangat mengenal beliau sebagai guru silat tradisional dan aktip memasyarakatkan pencak silat di kabupaten Karawang melalui IPSI Kab. Karawang. Beliau didampingi oleh Chin Ong (seniornya) seorang warga keturunan melatih Gerak badan Pencak Margaluyu Pusat di Karawang. Jadi tidak aneh jika banyak warga keturunan Tionghoa yang belajar Silat / Jurus Margaluyu Pusat di daerah Karawang. Aktivitas Margaluyu Pusat yang dilaksanakan olah bapak Saitja di daerah ini selalu mendapat support dari Pak Idit Junaidi, pelatih Senior dari Cikuya Cicalengka.



Sekilas Bapak Dan Suwaryono

Suwaryono adalah nama asli beliau. tetapi kemudian lebih akrab dipanggil dengan pak Dan. Sebutan ini menjadi populer karena belaiulah orang pertama di Yogyakarta yang berlatih beladiri tangan kosong yang berhasil mencapai sabuk hitam level Dan. Beliau adalah salah seorang Dosen di sebuah perguruan tinggi seni. Dan juga sebagai seorang wartawan sebuah harian terkemuka di Yogyakarta. Mengenal Margaluyu Pusat sewaktu beliau meliput acara festival Seni Tradisional. Guna mendapatkan informasi yang lebih detail beliau berkunjung ke Cikuya Cicalengka dan bertemu langsung dengan abah Andadinata.


Dari titik inilah beliau mendapatkan informasi tentang Gerak Badan Pencak Margaluyu Pusat dari sumber utamanya secara langsung, dan tertarik untuk mempelajari keilmuan Margaluyu Pusat secara utuh, runtut dan tuntas. Pelatih yang ditunjuk oleh abah Andadinata untuk melatih pak Dan Suwaryono adalah mang Andi. 
Ketekunan pak Dan Suwaryono dalam menyerap kelimuan Margaluyu Pusat memang hebat, serta beliau termasuk pelatih Margaluyu Pusat yang tercepat mendapat mandat untuk melakukan Harkatan. Disisi lain beliau juga sebagai seorang ahli telepati. 
Kelak dikemudian hari dari tangan pak Dan inilah lahir tokoh-tokoh ilmu beladiri pernapasan yang terkenal di Indonesia.



Sekilas Bapak H. Bambang E.P Sarkoro

Bambang Sarkoro sebutan akrab untuknya, mengenal dan berlatih Keilmuan Margaluyu Pusat pada dekade tahun 1970an, Pertama sekali dibimbing oleh Bapak Sukabdjo (asal Beran Kidul Sleman D.I.Y). Masa pelatihan dimulai dengan hijrahnya bapak Sukabdjo dari Sleman ke Pisangan Timur Jatinegara pada tahun 1972. Karena sulitnya tempat berlatih, maka latihan dilakukan di kampung Tanah 80 Klender. Proses Harkatan dilaksanakan di Cicalengka oleh alm Ibu Andadinata.

Jurus payung Rasul baru dilatihkan pada tahun 1977. di Demak Ijo Yogyakarta. Karena bapak Sukabdjo mendapat mandat untuk melatih dari Ibu Andadinata, maka beliau kembali ke Sleman, Kemduian penuntasan Keilmuan Margaluyu diserahkan langsung kepada alm Ibu Andadinata dan Mang Andi Rohandi Cicalengka.

Maret 1981 menikah dengan adik ipar dari Idit Junaidi pelatih Pusat. Ijab kabul dan resepsi dilaksanakan di rumah kediaman Ibu Andadinata desa Cikuya Cicalengka. Pesan / wasiat khusus yang disampaikan kepada Bambang Sarkoro adalah :"Bambang, kamu jaga dan lestarikan Pakem Margaluyu-Pusat, Jangan sekali kali berani membuka perguruan kalau hidupmu belum mapan secara ekonomi". 

Dalam keilmuan Margaluyu Pusat, Bambang Sarkoro masih digolongkan sebagai generasi yunior. tetapi berkat tangan dingin ibu Andadinata dan Mang Andi Rohandi, beliau banyak mengenal tokoh-tokoh Margaluyu Pusat senior, sehingga sedikitinya banyak memahami route Margaluyu sampai ketempat anda.


Sekilas tentang Rama Wijaya

Keluarga yang berada dilingkungan TTKDH, membuat Rama Wijaya mencintai seni beladiri sejak usia dini. pada Usia sekolah Dasar beliau mulai belajar Karate. Perguruan Silat Tradisional yang sempat dipelajari a.l Lang Lang Buwana, Sahbandar dan Bangau Putih, serta MP.

Keilmuan Margaluyu Pusat dikenalnya sewaktu tetangga beliau yang kebetulan mempelajari ilmu olah napas yang memiliki 10 jurus. Dan rama Wijaya ikut berlatih meski tidak tuntas.
Lepas SMU tidak ada kegiatan latihan beladiri yang dilakukan,karena konsentrasi pada studi. Meski sekali kali turun dalam berbagai turnamen beladiri seperti Karate, Wushu dan Silat dibawah bendera almamater. 

Tahun 2005 menemukan Margaluyu Pusat lewat Internet dengan kata kunci jurus Payung Rasul dan tokoh senior Margaluyu Pusat pak Dan Suwaryana yang dikenalnya dari seseorang anggota perguruan tenaga dalam. Pengalaman mendapat keilmuan Margaluyu Pusat memang unik. Beliau datang sendiri bertemu Pelatih sekaligus sesepuh Margaluyu Pusat bapak Idit Junaidi. Dalam tempo relatip singkat berlatih dengan bapak Idit tuntas sampai di harkat. 

Saat ini Rama Wijaya telah dikukuhkan sebagai pelatih Margaluyu Pusat seiring dengan dipegangnya surat mandat telah diterimanya. Perjalanan panjang telah ditempuh sehingga bertemu Margaluyu Pusat sebagai akar / cikal bakal keilmuan olah napas yang banyak tersebar di bumi Nusantara. 
Tekadnya membesarkan Margaluyu Pusat didasarkan karena dibeberapa kota besar Indonesia terdapat perguruan Margaluyu lain yang sama sekali tidak memiliki hubungan dengan asal Keilmuan Margaluyu Pusat dan memiliki kisah sejarah yang jauh berbeda atas tokoh pendiri Margaluyu yakni Abah Andadinata. Yang mana Penyimpangan kisah sejarahnya perlu diluruskan.



Sekilas Agung Teja

Merupakan Putra dari Abah Idit Junaedi, dan sekarang memegang posisi sebagai pelatih pusat di Margaluyu Pusat Cikuya





Sekilas Sutedi

Merupakan Putra dari Abah Idit Junaedi, dan sekarang memegang posisi sebagai pelatih pusat di Margaluyu Pusat Cikuya

Margaluyu Pusat Cikuya

Mengingat para Ikhwan / Akhwat Gerak Badan Margaluyu Pusat tersebar di seluruh Indonesia, maka diperlukan komunikasi agar tidak terputus.
Hubungi kami pada alamat telepon sbb: :
  1. Email Sekertariat MLP mlpusat@margaluyu-pusat.net telp: 022 7949042
  2. Sekertariat MLP Cikuya Cabang Jakarta telp: 021 8716524
  3. Sekertariat MLP Cikuya Cabang Yogyakarta telp: 087838207502
  4. Sekertariat MLP Cikuya Jawa Tengah
    Jl. Tirto Agung No. 15 Semarang telp.08157616274
  5. Sekertariat MLP Cikuya Wilayah Sulawesi
    Jl. Bunga Ejaya no.15 Makassar telp 085255942754
  6. Sekertariat MLP Cikuya Surabaya telp: 083856075067
  7. Keluarga Idit Djunaidi (Sesepuh)
    Jl. Ir H. Juanda 54 RT01 RW01 Desa Cikuya Cicalengka [Jawa-Barat]
    Telephone: (022) 7949042
  8. Agung Teja
    Cikuya RT01 RW01 Cicalengka. telp. 081322283670
  9. Ketut Tedun
    Jl. Raya Cihanjuang RT003 RW09 Kel. Cibabat Cimahi
    Telephone: (022) 6630393
  10. Bambang Sarkoro
    Lembah Hijau Blok A4 / 13 RT004 RW013 Mekarsari Cimanggis 16952
    Telephone: HP 0816790824
    email: bambang.sarkoro@margaluyu-pusat.net
  11. Rama Wijaya
    Vila Pertiwi blok A1 no.17 Depok Jawa Barat
    telp: 085716961909
    email: rama.wijaya@margaluyu-pusat.net
  12. Agus Priyo. S
    Komp. PTB blok Q2 no. 10 Duren Sawit Jakarta Timur
  13. Yohan lie Hp: 087875107659 Pejaten Jakarta Selatan 
  14. Dedi
    c/o Gelatik Jl. perdagangan Dalam No.1 Bintaro Jakarta Selatan HP: 081806133903
  15. Eko Budi Setianto
    Jl. Budiraya no.25 Slipi Jakarta Barat.
    telepon: 0215322462
  16. Budi Santoso (Semplak - Bogor) telp. 08128103174
  17. Sutarjo
    Kricak kidul RT42 RW09 Yogtakarta telp:087838207502
  18. Asep Susanto SE
    Jl. Tirto Agung no.15 Semarang
    HP: 08157616274 email: asepmlsmg@yahoo.co.id
  19. Arief Setiawan (Wawan)
    jl. Gaharu Timur Dalam VII no.183 Semarang telp:08122823502
  20. Toha Sunarya
    Sidoarjo telp. 031 8671561.
  21. Syamsul Arief
    Surabaya HP: 083856075067.
  22. Mangku Buwana
    Lamongan Telp. 031 71661316
  23. Kusnadi S. Hidayat, S.KM
    jl. Bunga Ejaya no.15 Makassar HP:082345261882
  24. Priyaseto Septiman S.KG Makassar HP: 085255558365
Mailing List: margaluyu@yahoogroups.com
Blog : margaluyu-pusat.blogspot.com
Facebook : Forum Margaluyu Pusat